100x Lebih Kencang dari 4G, Ini Fakta Lain 5G yang Perlu Kamu Tahu!

5G Network
Perkembangan teknologi tumbuh begitu pesat dan terjadi sangat cepat. Pun begitu dengan jaringan internet. Gak terasa kalo sekarang kita sudah ada di generasi ke-4 atau yang kita kenal dengan 4G.
Bicara soal penamaan, "G" dari 4G merujuk pada kata "Generation" yang berarti teknologi jaringan internet tanpa kabel (wireless) kini sudah memasuki generasi yang keempat. Di Indonesia sendiri, jaringan 4G sendiri sudah berkembang bahkan tersebar nyaris ke seluruh daerah.
Namun, peralihan dari generasi sebelumnya, 3G, menuju 4G nyatanya gak begitu disadari para pengguna. Meski menawarkan kecepatan lebih di generasi ke-4, perbedaan antara keduanya bisa dibilang gak terlalu jauh. Tapi hal itu tampaknya gak akan terulang di generasi berikutnya.

Fakta-fakta 5G yang Perlu Kamu Tahu

fakta-fakta-5g
Ya. Teknologi jaringan internet generasi berikutnya adalah 5G. Banyak pakar teknologi meyakini perubahan dari jaringan 4G kepada 5G akan sangat terasa bagi para pengguna. Dilansir dari Venture Beat, perusahaan-perusahaan teknologi besar bekerjasama mengembangkan jaringan 5G agar jadi jauh lebih superior dari generasi sebelumnya.
Sebut saja Verizon, perusahaan telekomunikasi asal New Jersey tersebut mengambil alih masalah hambatan transmisi yang kerap terjadi di generasi sebelumnya. Perusahaan besar lainnya, AT&T, juga mengabil peran dengan memperkenalkan platform terbaru Internet of Things (IoT).

100 Kali Lebih Cepat dari 4G?

fakta-5g
Lalu seperti apa kecanggihan atau superioritas dari jaringan 5G itu sendiri? Percobaan yang pernah dilakukan belum lama ini hasilnya cukup impresif. Jaringan 5G dengan status trial mampu mencapai kecepatan hingga 100 kali lipat dari kecepatan jaringan 4G!
Jika dibayangkan, membuka tab baru saat browsing rasanya gak akan ada bedanya dengan membuka sebuah file atau folder di galeri. Memang, hal utama yang jadi nyawa terciptanya jaringan 5G ini adalah soal kecepatan. Bahkan, Qualcomm menyebut jaringan 5G sebagai "the platform for invention".

Self-driving Cars

self-driving-car
Salah satu industri yang nantinya paling merasakan manfaat 5G adalah otomotif. Terlebih, sedang digarap dan dikembangkannya self-driving car atau mobil tanpa sopir tentu akan semakin mudah terselesaikan dengan adanya jaringan internet yang jauh lebih mumpuni.
Belum lagi sudah dilakukan uji coba taksi drone beberapa waktu lalu di Dubai. Maka dampak hadirnya jaringan 5G akan sangat terasa bukan hanya pada perangkat gadget, tapi dalam transportasi dan lalu-lintas serta aspek lainnya dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Akhir Kata

Melihat fakta-fakta di atas, rasanya kita dibuat gak sabar untuk segera merasakan dan menikmati superioritas jaringan 5G. Namun, kita tetap masih harus menunggu beberapa tahun ke depan.

Subscribe to Official Website MIGE untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.

0 Response to "100x Lebih Kencang dari 4G, Ini Fakta Lain 5G yang Perlu Kamu Tahu!"

Posting Komentar